Membangun Visi

Pentingnya Membangun Visi

Sebelum anda terjun ke Bisnis Online, ada yang perlu benar-benar anda persiapkan. Hal Pertama yang harus dimiliki oleh seorang Pengusaha adalah VISI yang jelas.

Sebuah VISI yang jelas akan memberikan kekuatan yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan meraih keberhasilan. Lalu seperti apa yang dimaksud dengan VISI itu ?

Sederhananya begini :
VISI adalah sebuah keinginan, mimpi atau TARGET yang ingin dicapai dalam waktu yang TERTENTU. Bisa 5 tahun, 10 tahun, atau 50 tahun kedepan, tergantung keinginan kita masing-masing.

Jadi, VISI adalah sebuah tujuan besar yang ingin dicapai dalam Bisnis, meski banyak orang menganggap itu ‘mustahil’.
Apakah binis tanpa VISI tidak bisa untung ? Bisa! tapi tidak dalam jangka panjang.

Seorang pengusaha yang memiliki VISI akan menikmati keuntungan baik materi maupun nonmateri yang jauh lebih besar, dan dapat bertahan lama.

Kutahu yang Kumau

Pernah suatu ketika saya mendapatkan kontrak untuk pengerjaan Video Profile dari sebuah perusahaan Alarm yang cukup besar. Supaya gak buta-buta amat dan terlihat agak lebih profesional (cieee…) saya mulai mempelajari profil dan produk-produk mereka melalui Brosur dan Web Site perusahaan mereka.

Akhirnya sampailah pada waktunya saya diundang untuk berdiskusi mengenai project ini yang akan dihadiri langsung oleh President Director nya.

Acara diskusi dimulai dengan obrolan ringan sekedar basa-basi. Alhamdulillah pengetahuan singkat yang saya dapat dari brosur dan website mereka cukup membuat pembicaraan ringan kami nyambung dan akrab.
Disela-sela obrolan, dengan santai saya mengajukan pertanyaan Standard : “Sebenarnya, Video Profile seperti apa sih yang Bapak inginkan? ”

Sederhana ? pasti. Tapi apa yang terjadi? Sang Boss besar tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut. Dengan wajah yang terlihat agak bingung, si Boss hanya menjawab “Ya yang bagus”. WAAAAK ! GUBRAK !

Kejadian seperti diatas tidak sekali dua kali saya alami. Banyak para klien yang tidak mampu menjelaskan keinginan mereka secara gamblang. Itulah sebabnya setiap ada project seperti ini selalu saja ada sesi research, wawancara dengan staff, dengan pelanggan dsb.. dsb… dsb… yang memakan waktu tidak sebentar. Berdasarkan hasilnya nanti barulah kita bisa tahu apa sebenarnya yang diinginkan dan apa kendalanya.

Dan ternyata bukan hanya para klien, rata-rata kita memang sulit untuk menjelaskan apa yang kita inginkan. Pertanyaan sederhana “Apa yang Kamu Mau?” sangat sulit dijawab bahkan oleh istri dan sahabat-sahabat saya.

Tapi coba kalau pertanyaannya dirubah menjadi : “Apa yang kamu tidak suka?” pasti jawabannya lancar… panjaaang… banyaaaak… ha ha…

Memang begitulah rata-rata kita termasuk saya. Kita selalu tau apa yang TIDAK kita suka. Apa yang TIDAK kita mau. Apa yang kita BENCI.
Padahal bukankah rasa tidak suka, tidak ingin, benci ini adalah pikiran negatif? pikiran yang akan menghambat semua kreatifitas kita ?

Bukankah katanya kalau mau hidup ini indah, kita harus selalu berpikiran positif? Lah… gimana mau berpikir positif kalau yang ada dipikiran isinya cuma yang negatif nya doank?

Lantas gimana caranya supaya kita tahu apa yang kita mau ? ternyata gampang sekali. Dengan logika matematika sederhana pertanyaan ini bisa dijawab. Maksudnya adalah :

Jika saya TAHU apa yang saya TIDAK mau, maka seharusnya saya TAHU apa yang saya MAU.
So, gimana donk. Ayo kita lakukan besama-sama.

Ambil Pulpen dan Buku Catatan

Buatlah sebuah tabel dengan dua kolom. Kolom kiri, tulis semua daftar apa saja yang kita TIDAK mau.
Misalnya : Saya tidak mau miskin, saya tidak mau sakit, saya tidak mau masuk neraka, dst, dst, dst
Nah, kolom yang sebelah kanan, tulis semua lawan dari kolom kiri.

ketemu kan? Teruslah temukan semua hal yang anda TIDAK mau, dan tulis lawan katanya disebelah kanan. Tulis sebanyak-banyaknya.

Ingat, kalimat dalam kolom sebelah kanan jangan sampai ada kata-kata negatif seperti ‘TIDAK’, ‘BUKAN’, ‘JANGAN’ dan sebagainya. Gunakan hanya kata-kata positif saja.

Sudah ?

Sekarang yang harus anda lakukan adalah fokus pada apa yang kita MAU.

Tulis ulang semua yang ada di kolom KANAN pada selembar kertas baru. Boleh di ketik dan di Print. Tempel di dinding dekat meja kerja anda, ditempat yang mudah anda baca.

Baca setiap pagi sampai anda benar-benar hafal dan yakin tentang apa yang anda MAU. Niscaya yang selalu ada dipikiran anda adalah pikiran-pikiran positif.

So, mau sukses ? Harus Tau Yang Ku Mau !

Tentukan VISI Anda !

Sekarang anda sudah tahu cara untuk selalu berfikir Positif. Itu adalah modal yang sangat besar dalam meraih Sukses.
Artinya, mulai sekarang apapun yang anda inginkan Insya Allah akan tercapai !
Maka, mulailah membangun VISI anda.
Lalu apa langkah-langkahnya ? Mari kita mulai.

  1. Buatlah Satu VISI yang TINGGI
  2. Buat Target-Target kecil diikuti dengan Komitmen
  3. Buat Jadwal Kerja Bulanan dan Harian
  4. Buat Evaluasi Terhadap target-target kecil
  5. Lakukan Sekarang Juga

 

Salam Kreatif,
Thiar Bramanthia

Inisiator Akoe Indonesia | Konsultan Kreatif 

1,883 total views, 52 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *